"Memberikan TIPS AMPUH dan CERITA MOTIVASI untuk membantu KESUKSESAN Anda saat mengikuti test TOEFL"

RSS

TRIK AMPUH SUKSES TEST TOEFL (Bagian 1)

Bingung dan pusing menghadapi test TOEFL? Atau menghabiskan banyak uang untuk kursus tapi belum lulus juga? Atau bingung dengan buku panduan belajar yang full English? Gak perlu bingung kawan!!! Sebab TOEFL itu mudah kok!!! He... he... yang penting tahu Trik-triknya. Jadi keep in mind “TOEFL IS EASY”. So, ‘ngak perlu stress lagi menghadapi TOEFL. Okey...!!! let’s check the tricks then...

TOEFL (Test of English as Foreign Lenguange) di bagi menjadi 3 bagian, yaitu:
1. Listening Comprehension
2. Structure and Written Expresion
3. Reading Comprehension

Disini, kita akan membahas satu persatu dari bagian tersebut.

Yang pertama, LISTENING COMPREHENSION.
Pada umumnya, TOEFL test-takers menganggap bagian ini adalah bagian tersulit dari TOEFL (Bahkan bagi pembelajar bahasa Inggris sekalipun). Selain pertanyaannya yang tidak tertulis dan hanya di dengar, pertanyaan-pertanyaannya juga tidak akan diputar untuk kedua kalinya. Terlebih lagi pengucapan dari penutur asli akan terdengar sangat cepat dan berbeda dengan instruktur bahasa Inggris kita yang biasa kita dengar. Tapi, hal ini bukan berarti listening tidak bisa ditaklukkan. Saya sendiri juga pada awalnya kesulitan, tapi toh ternyata bisa juga!!! :-D. Karena saya tahu trinya. He... he...

Lalu gimana donk mbak triknya? Jadi penasaran nich!!!

He.. he.. tenang sobat!!! Let’s check it out....

Listening Part A (Pada bagian ini, Anda akan menemui soal berupa percakapan pendek ‘Terdiri dari dua kalimat’)

Yang pertama kali akan Anda dengar adalah instruksi untuk bagian ini yang bunyinya kurang lebih seperti ini:

→ Intruksi A............
Hal pertama yang harus kita pahami adalah instruksi atau perintah pada setiap bagian. Karena tanpa memahami perintah, maka mustahil kita bisa mengerjakan soal. Adapun maksud dari instruksi di atas adalah; bahwa dibagian ini (Listening Part A) Anda akan mendengar sebuah percakapan pendek antara dua orang untuk masing-masing pertanyaan, dan yang harus Anda lakukan adalah menjawab pertanyaan yang Anda dengar berasarkan percakapan tersebut. Pilihan jawaban tersedia di lembar soal. Dialog dan pertanyaan tersebut tidak akan di putar ulang, jadi dengarkanlah dengan seksama dan hati-hati.

Ok, setelah paham dengan perintahnya, kita bisa mulai melangkah ke Trik-trik yang harus di gunakan.

Trik Pertama (untuk part A)
Fokus ke baris kedua (perkataan orang kedua)
Kalau dirasa susah untuk bisa menangkap seluruh isi percakapan, maka Anda tidak perlu pusing, karena biasanya jawaban dari pertanyaan yang di berikan, berada di baris kedua dari percakapan yang dalam hal ini adalah perkataan orang kedua.
Contoh

Yang akan anda dengar:
(man)                    can you tell me if today’s matinee is  comedy, romance, or western?
(woman)             I have no idea.
(narrator)            WHAT DOES THE WOMAN MEAN?

ALTERNATIVE JAWABAN DI BUKU SOAL  ANDA):
(A)   She has strong ideas about movies
(B)   She prefers comedy over westerns and romances
(C)   She doesn’t like today’s matinee
(D)   She does not know
Kata kunci dalam dialog pendek ini bias kita temukan di baris kedua dari dialog, yaitu I have no idea , yang berarti si pembicara tidak puny aide apapun/tidak tahu tentang hal itu. Maka jawaban yang tepat untuk pertanyaan tersebut adalah (D)she does not know.


Untuk listening, cukup disini dulu. Dan akan kita lanjutkan di tulisan saya yang berikutnya. Ini baru satu Trik. Dan masih banyak Trik jitu lainnya yang akan saya bagikan. Jadi jangan bosan-bosan untuk terus kunjungi www.belajarTOEFLonline.blogspot.com jika ingin konsultasi via e-mail Anda bisa kirimkan ke belajarTOEFLonline@gmail.com. Selamat berlatih.

Yang kedua, STRUCTURE AND WRITTEN EXPRESION

Bagian ini sangatlah berbeda dengan bagian sebelumnya yaitu listening. Karena semua instruksi, soal serta pilihan jawaban sudah tersedia di lembar soal Anda. Yang harus Anda lakukan adalah menganalisa soal tersebut dan menganalisa bagian mana yang kurang tepat. Atau mengisi bagian yang belum lengkap. Structure and Written Expresion di bagi menjadi dua bagian, yaitu:
1. Soal multiple choice dimana kita harus memilih salah satu jawaban yang tepat untuk melengkapi kalimat yang ada di soal.










2. Soal-soal berupa kalimat lengkap, tetapi salah satu bagiannya ada yang salah/kurang tepat. Jadi kita diharuskan untuk memilih atau menemukan bagian yang belum benar tersebut, tanpa harus membenarkannya.







Jika di perhatikan dengan seksama, kalimat tersebut memiliki dua subject yang saling tumpang tindih. Sehinga membuat kalimat tersebut tidak efektif; yaitu Contruction of the housing development dan it.






Ket: kata it diatas harus dihilangkan karena kalimat tersebut sudah mempunyai subject yang jelas yaitu Contruction of the housing development.

Jadi jawaban dari soal tersebut adalah:




Berikut ini adalah salah satu TRIK yang bisa memudahkan Anda untuk menjawab soal-soal pada bagian Structure and Written Expresion:

* Pastikan kalimat pada soal-soal mempunyai subject dan kata kerja (Verb).

Anda akan sangat sering menemukan soal-soal yang kaitannya dengan subject dan verb, baik kaimat yang kurang subject dan verb-nya, atau kalimat yang punya kelebihan subject dan verb. Sehingga harus di perbaiki sehingga menjadikannya kalimat yang tepat.
Seperti yang Anda tahu, sebuah kalimat dalam bahasa Inggris harus mempunyai subject dan verb. Jadi hal yang harus kita lakukan adalah menganalisa apakah kalimat tersebut sudah mempunyai subject dan verb atau belum, dan mengisinya dengan subject atau verb yang sesuai. INGAT!!!, Verb dalam bahasa Inggris bukan hanya kata kerja, tetapi juga dalam bentuk to be serta modal seperti can, will, may, dll.
Contoh: ____________ was backed up for miles on the freeway.



Ket: pada kalimat di atas verbnya adalah was. Jadi sudah dapat di pastikan subjectnya adalah subject tunggal (singular). Kalimat di atas belum mempunyai subject, maka kita harus menemukan subjet yang tepat untuk kalimat tersebut.
Seperti yang kita tahu, was di gunakan untuk subject tunggal, maka jawaban (D) atau “cars” adalah bentuk jamak (Plural). Sedangkan jawaban (A) atau “yesterday” dan (B) “in the morning” adalah bentuk keterangan waktu (adverb of time), jadi kedua jawaban tersebut juga tidak bisa digunakan sebagai subject. Maka jawaban yang paling benar adalah (C) atau “traffic”.
Baiklah teman-teman, sebelum kita lanjut ke trik berikutnya. Silahkan berlatih dengan satu trik ini dulu… okey… sukses buat Anda!!!
Yang ketiga, READING COMPREHENSION

Reading Comprehension adalah test untuk menguji pemahaman test takers terhadap teks atau bacaan.
Reading Comprehension juga dibagi menjadi beberapa bagian. Salah satu diantaranya adalah; pertanyaan tentang gagasan utama dari bacaan. Biasanya pertanyaan-pertanyaan untuk jenis pertanyaan seperti ini adalah sebagai berikut:
  • What is the topic of the passage?
  • What is the subject of the passage?
  • What is the main idea of the passage?
  • What is author’s main point in the passage?
  • What is the author primarily concerned?
  • Which of the following would be the best tittle?

Contoh:
“Nitrogen fixation is a process by which nitrogen is continuously fed into biological circulation. In this process, certain algae and bacteria convert nitrogen into ammonia (NH3). This newly created ammonia is then for the most part absorbed by plants.
The opposite process of denitrification returns nitrogen, to the air during the process of denitrification, bacteria couse some of nitrates from the soil to convert into gaseous nitrogen or nitrous oxide (N2O). In this gaseous form the nitrogen returns to the atmosphere.

The Questions:
Which of the following would be the best tittle for this passage?








Keterangan:
Jawaban (A) the process of nitrogen fixation. Tidaklah tepat karena proses fiksasi nitrogen hanya di bahas pada paragraf pertama saja. Jadi judul tersebut tidak sesuai untuk keseluruhan teks. Kemudian jawaban (C) the return of nitrogen to the air (kembalinya nitrogen ke udara) juga tidak sesuai karena hanya mewakili isi paragraf ke-2 saja. Sedangkan jawaban (D) the effect of nitrogen on plant life (pengaruh nitrogen pada kehidupan tumbuhan) juga tidak tepat. Karena hal tersebut sama sekali tidak di bahas dalam teks di atas. Jadi, jawaban yang paling tepat adalah (B) two nitrogen process.
Adapun trik untuk bisa menjawab pertanyaan seperti di atas antara lain:
  • Bacalah baris pertama dari masing-masing paragraf. Biasanya tema suatu paragraf dapat di simpulkan dari baris pertamanya.
  • Simpulkan tema umum dari gagasan semua paragraf.
  • Baca dengan cepat sebagian paragraf yang belum dibaca untuk meyakinkan bahwa Anda benar-benar menemukan jawaban yang tepat.
  • Mulailah mengeliminasi alternatif jawaban yang menurut Anda salah, dan pilih jawaban yang paling tepat dari sisa pilihan yang masih ada.
Satu hal yang harus selalu Anda ingat adalah JANGAN PERNAH MENINGGALKAN SATU SOALPUN UNTUK ANDA KOSONGKAN. Karena jawaban salah Anda tidak akan mengurangi nilai Anda.

Demikian beberapa TIPS sederhana dari saya. Semoga bermanfaat. Saya yakin Anda adalah seorang yang tidak mudah putus asa dan selalu berfikir fositif dalam setiap perjalanan proses sukses Anda. Salam hangat dari saya. Dan nantikan Trik-trik berikutnya dari saya.

SALAM SUKSES
 


N. Hidayati

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

20 komentar:

Unknown mengatakan...

tetap susah saya rasa

suryabp mengatakan...

sippp mantafff
thanks tips nya yah..

Age mengatakan...

Ini ada aplikasi/software untuk belajar toefl secara offline tidak? Terimaksih

Unknown mengatakan...

ada ni mas,, software untuk latihan TOEFL offline:
Download di NST TOEFL Explorer

Rifqy mengatakan...

sangat bermanfaat...

Heaven mengatakan...

thank you... that's very useful..

luffy mengatakan...

wawwhhhh... manteppp... triknya menambah wawasan saya,,, hehee,,
terima kasih informasinya..

Unknown mengatakan...

Great intstruction

Unknown mengatakan...

thank you, jadi lebih tahu klo toefl ga begitu sulit klo dipelajari.

Ardhanul Sabda mengatakan...

Materi Bahasa Inggris yang menarik

Muhammad Ahkam Arifin mengatakan...

Sangat bermanfaat untuk membantu pelajar belajar listening toefl

Unknown mengatakan...

Ilmunya sangat bermanfaat, mendukung Indonesia maju. Sukses Selalu.

Dari Bahasa Inggris Toefl, http://carajawab.com, 08788 299 0901

Guru Cool mengatakan...

Thanks ilmunya...

bigbuffspoky mengatakan...

Danke ..... ilmunya membantu bukan hanya di bhasa inggris saja...

Candra Mone La'Rico mengatakan...

Terima kasih atas triknya

Jasa Pembuatan Sertifikat Toefl mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Jasa Pembuatan Sertifikat Toefl mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
PKMI GEMPITA mengatakan...

BENAR TUH>>??

Jasa Pembuatan Sertifikat Toefl mengatakan...

WWW.JASATOEFLRESMI.COM Jasa pembuatan pengurusan sertifikat TOEFL dan IELTS yang sudah berpengalaman di bidang ini.

Mungkin biasanya untuk mengetahui banyak sekali lapangan pekerjaan sekarang yang harus menggunakan TOEFL ataupun IELTS sebagai syarat untuk pendaftaran kerja, beasiswa , ataupun lainnya..

Umumnya pihak perusahaan Bumn cpns ataupun Swasta memiliki kriteria untuk memenuhi standar akademis ataupun Standarisasi masing2 perusahaan..

TOEFL ataupun IELTS biasanya mutlak untuk dimasukan sebagai standarisasi akademis yang harus di lampirkan untuk perusahaan ataupun bagi agan2 yang ingin masuk jalur beasiswa..


Terkadang untuk mendapatkan TOEFL dan IELTS biasanya butuh sampai berbulan-bulan bahkan ada juga yang bertahun-tahun hanya untuk mendapatkan nilai yang di inginkan..

Alhasil memakan waktu yang cukup lama untuk mendapatkannya..


Untuk itu kami selaku Abidin Seto FOUNDATION membantu agan2 sekalian yang ingin mendapatkan TOEFL dan IELTS dengan cepat dan mudah..


Di sini kami menyedikan lembaga-lembaga yang paling akurat dan terpercaya yang sudah tidak asing lagi di telinga agan-agan juga pastinya..


TOEFL ITP LEMBAGA

-LBI FIB UI

-ENGLISH FIRST (EF)

-ELTI GRAMEDIA

-LBPP LIA PRAMUKA

-IES FOUNDATION

-ILP PANCORAN

(Paketnya Scors report + COPYAN atau legalisir)


(NB : Ready SERTIFIKAT ETS ACHIVMNT )


TOEFL PBT LEMBAGA

-TBI

-ILP CIKINI

-ILP PLUIT

-ILP TANJUNG DUREN

-ENGLISH FIRST (EF)

-ILP TOEIC

(Paketnya Sertifikat original + LEGALISIR)


IELTS LEMBAGA

-IDP

-IALF

-BRITISH COUNCIL



Keuntungan memesan kepada kami adalah sudah pasti terpercaya ,Sertifikat kita sudah menggunakan pengaman yang di maksut dengan WATER MARK dan jika terkena sinar UV itu sudah ada garis pengamannya..

Tanpa mengikutin TES TOEFL ataupun IELTS yang memakan waktu berbulan2..

SCORS sudah pasti agan-agan sekalian dapat memilih mau berapa scors yang agan inginkan.

Tidak perlu menunggu lama untuk pemesanan TOEFL dan IELTS nya, hanya membutuhkan 1 HARI proses dan setelah 1X24 jam sertifikat sudah bisa selesai.

Untuk keperluan mepet ataupun mendadak kami bisa bantu untuk memberikan Hasil SCANnya terlebih dahulu..


Agan hanya perlu menghubungi kami dan memberikan data diri agan-agan :


Lembaga :

Nama :

Jenis Kelamin :

Tgl Tes

Tgl Lahir :

Alamat Kirim :

Kode pos kota agan :

Nomor tlpn penerima :



Untuk Menghubungi saya bisa melalui

WA/HP : 082168610824

LINE : AbidinSeto

Pin BB : D43AA9E0

IG : -AbidinSeto

EMAIL : Abidin.Seto15@gmail.com

Web : www.jasatoeflresmi.com

Unknown mengatakan...

Thx 😊

Posting Komentar